Senin, 08 April 2013

Syarat menjadi editor

Bagi anda yang memiliki hobi otak-atik kata, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjadi editor lepas diantaranya:


a.    Memiliki kemampuan berbahasa indonesia yang baik
Editor yang baik tidak menggunakan lebih dari dua kata dalam satu kalimat, oleh karenanya kemampuan tata bahasa indonesia yang baik dan benar dan pembendaharaan kata, sangat penting dimiliki untuk memperbaiki rangkaian kalimat, agar menjadi efisien dan koheren satu sama lain. Sasaran nya adalah mempermudah pembaca dalam membaca buku dan memberikan kesan variasi bacaan.

b.    Menguasai menguasai komputer dan mampu mengaplikasikannya
Komputer diperlukan dalam proses edit-mengedit kata dalam naskah, aplikasi-aplikasi yang ada dalam komputer memudahkan editor saat memperbaiki, mengurangi, menambah, atau mengubah sebuah tulisan.
c.    Menguasai bahasa inggris atau bahasa asing lainnya
Penguasaan bahasa asing akan membantu ketika mengedit segelintir naskah yang berbahasa asing, seiring perkembangan zaman tentunya tidak menutup kemungkinan akan terselip bahasa asing yang di tulis penulis naskah. Sehingga tidak jarang para penerbit yang memasukkan syarat penguasaan bahasa asing sebagai pertimbangan mereka dalam mempekerjakan editor lepas.
d.   Mempunyai kebiasaan membaca buku 
  Pemilihan profesi ini, akan membiasakan anda bergelut dengan banyak tumpukan buku. Mempunyai kebiasaan membaca buku sebelum terjun ke bidang ini, akan membantu wawasan penilaian buku yang baik dan berkualitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar