Rabu, 10 April 2013

PENERJEMAH


Mengundang uang lewat bahasa

Selamat bagi anda yang mempunyai hobi menggunakan bahasa asing, anda dapat mengundang rupiah melalui hobi anda tersebut. Keahlian penerjemah ini diperuntukkan bagi para pengguna bahasa asing baik yang aktif maupun pasif, pekerjaan freelance  ini dititikberatkan pada kemampuan terjemah secara tulisan.
 
Tugas dari seorang penerjemah atau pengalih bahasa adalah menerjemahkan teks atau naskah bahasa asing ke dalam bahasa indonesia dan sebaliknya. Tantangan dalam menerjemahkan bahasa bagi penerjemah yaitu tidak hanya mengalihkan arti kata per kata tetapi juga mengambil intisari makna dari naskah berbahasa asing dan mengolahnya ke dalam bentuk bahasa indonesia yang baik. Perhatian terhadap tata bahasa yang digunakan dan logika kalimat sangat penting untuk diperhatikan guna membantu hasil terjemahan yang bisa dicerna dan dipahami setiap pembaca.

Salah satu contoh penerjemah lepas adalah siska, dia memulai karirnya dengan menerjemahkan teks-teks ringan seperti buku cerita anak atau novel remaja. Kemudian karirnya merambah ke novel fiksi dewasa, buku pelajaran, buku non fiksi ilmiah. Semakin sering siska menerjemahkan, semakin terlatih untuk menerjemahkan teks-teks dengan tingkat kesulitan tinggi sekalipun. Dalam sekali terjemah buku dengan ketentuan ukuran kertas A4, jenis font Times new roman, spasi 1,5 dan margin 1 cm dia dibayar Rp. 15.000/halaman (harga tersebut adalah rata-rata pembayaran yang diberikan penerbit terhadap penerjemah inggris ke indonesia). Sehingga jika siska menerjemahkan 300 halaman x Rp. 15.000 = Rp. 4.500.000. Catatan penerbit memiliki ketentuan tulisan yang berbeda-beda.

Khusus untuk penerjemah bahasa asing diluar bahasa inggris, bayaran yang diperoleh biasanya jauh lebih besar, mengingat jumlah sumber daya penerjemah jauh lebih sedikit, contohnya buku berbahasa Jerman bisa dibayar Rp. 25.000 – Rp. 50.000/lembar jika dikalikan 300 halaman maka jumlah total pembayaran yang didapat berkisar Rp. 7.500.000 – Rp. 15.000.000.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar